Senin, 14 Februari 2011

Tugas Hukum Waris (Tgl 8 feb 2011)

1. a. Tuan A, Nyonya B dan seorang anak bernama C meninggal karena mobil yang dikendarai terjun dari lantai 8 gedung parkir, ketika ditemui mereka sudah meninggal. C menikah dan mempunyai anak-anak bernama E dan F, selain C terdapat anak bernama D yang juga mempunyai dua anak bernama G dan H.
Pertanyaan : bagaimana pembagian harta peninggalan A, sebutkan pasal yang terkait dasar hukumnya!

1. b. A meninggal dunia, meninggalkan 4 orang anak yaitu C,D,E, dan F. Istrinya masih ada yaitu B. C meninggal lebih dahulu mempunyai Anak Luar Kawin Diakui Sah (ALKDS) bernama G dan H dan seorang anak sah bernama I. D meninggal lebih dahulu tanpa anak, kawin sah dengan istrinya bernama J. F menolak warisan.
Pertanyaan : bagaimana pembagian harta peninggalan A, sebutkan pasal yang terkait dasar hukumnya!

2. Tuan K menikah dengan Nyonya L memperoleh 3 orang anak bernama M,N,O. O menikah sah dan mempunyai seorang anak bernama P. M meninggal lebih dahulu, tidak menikah tapi mempunyai ALKDS bernama Q.
Pertanyaan : bagaimana pembagian harta peninggalan K, sebutkan pasal yang tekait dasar hukumnya!

3. A seorang duda mempunyai 5 orang anak, C,D,E,F,G. C punya anak sah 2 bernama H dan I. D punya anak sah 4 bernama J,K,L,M. E menolak warisan, F tidak patut mewaris, G tidak patut mewaris. C dan D meninggal sebelum A meninggal.
Pertanyaan : bagaimana pebagian harta peninggalan A, sebutkan pasal yang terkait dasar hukumnya!

4. sama dengan nomor 3, kecuali H dan I tidak patut mewaris.

5. Ibu Ana meninggal dunia, meninggalkan suaminya bernama B yang dipenjara karena mencoba membunuh Ana. Selain itu, ada 3 orang anak C,D,E. C punya anak sah F dan G. D punya anak sah H,I,J,K. C dan D ikut dihukum karena mencoba membunuh Ana, sedangkan E menolak warisan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar